PANDUAN PENELITIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA TAHUN 2015

Home / PANDUAN PENELITIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA TAHUN 2015

PANDUAN PENELITIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
TAHUN 2015

PENDAHULUAN
Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan salah satu rujukan yang harus diikuti oleh institusi pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Pasal 20 UU tersebut menyatakan dengan tegas bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di samping melaksanakan pendidikan.Hal ini berarti pelaksanaan penelitian merupakan salah satu ciri khas sebuah perguruan tinggi.
Pada tahun 2015, UMTAS menyelenggarakan program penelitian berupa Penelitian Individu yang seluruhnya didanai sepenuhnya UMTAS sesuai RAB tahun 2015. Besaran dana penelitian yang diberikan adalah Rp. 1.500.000/judul untuk penelitian individu dengan jumlah proposal yang akan didanai sebanyak 50 judul penelitian dalam waktu setahun.
Adapun tujuan dari diselenggarakannya penelitian individu dosen UMTAS adalah untuk mendorong dan menstimulasi seluruh dosen UMTAS dalam menghasilkan artikel ilmiah, meningkatkan kualitas dan daya saing dari hasil penelitian serta meningkatkan mutu dan kompetensi dosen UMTAS. Target akhir dari pelaksanaan seluruh penelitian ini adalah meningkatnya publikasi ilmiah hasil penelitian, baik yang dimuat di jurnal nasional maupun internasional dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan adanya pengayaan materi bahan ajar dari hasil penelitian.
Sebagai panduan, pelaksanaan penelitian di UMTAS mengacu pada Buku Pedoman Panduan Penelitian Dikti edisi IX serta Panduan Penelitian tahun 2015 yang dikeluarkan Dikti dengan sedikit penyesuaian (modifikasi) agar bisa dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi UMTAS.
Pelaksanaan penelitian UMTAS Tahun 2015 adalah sebagai salah satu bentuk pengejawantahan Visi dan Misi UMTAS yaitu.
PENELITIAN INDIVIDU
A. KRITERIA DAN PERSYARATAN UMUM
1. Pengusul merupakan dosen tetap UMTAS.
2. Pengusul tidak menyertakan anggota peneliti namun wajib menyertakan 2 orang mahasiswa. Nama dan NIM mahasiswa ditulis dalam biodata yang dilampirkan.
3. Mempertimbangkan serapan anggaran universitas serta untuk memudahkan koordinasi penelitian, maka penelitian Individual tahun 2015 dilaksanakan dengan dua termin, dengan pengaturan sebagai berikut:
a. Masing-masing dosen pengusul hanya diperkenankan mengusulkan proposal penelitian individu dalam satu termin dengan jumlah maksimal 1 proposal.
b. Termin I (pertama) pengajuan proposal maksimal pada tanggal 31 Maret 2015 dan laporan penelitian maksimal pada tanggal 15 Juni 2015 dengan jumlah kuota 40 Proposal.
c. Termin II (kedua) pengajuan proposal paling lambat tanggal 15 Juni 2015 dan laporan penelitian maksimal pada tanggal 15 September 2015 dengan jumlah kuota 38 proposal.
4. Setiap dosen pengusul hanya diperbolehkan mengusulkan satu proposal penelitian.
5. Usulan penelitian tidak boleh diajukan sebagai usulan penelitian dengan dana penelitian yang lain.
6. Penelitian yang tidak selesai dalam pelaksanaannya akibat kelalaian pengusul maka pengusul tidak dapat mengusulkan kembali judul penelitian tersebut di tahun berikutnya.
7. Penelitian yang tidak selesai dalam pelaksanaannya akibat kelalaian pengusul maka dana penelitian tidak dapat dicairkan.
8. Topik/tema penelitian diutamakan sesuai dengan minat kajian pengusul atau sesuai dengan bidang fokus UMTAS yang tercantum dalam RIP atau Visi-Misi UMTAS.

B. LUARAN PENELITIAN
Luaran yang diharapkan dari penelitian individu ini adalah satu atau dua dari :
1. Laporan Penelitian
2. Produk ipteks dan lainnya (modul, teknologi tepat guna,lainnya).
3. Publikasi, diutamakan untuk dapat terpublikasi di jurnal ilmiah nasional (tarakreditasi/non akreditasi), jurnal internasional, ataupun publikasi lain dalam bentuk proceeding, poster, dan lainnya.
C. PETUNJUK UMUM
1. Tema
Tema penelitian individual dapat memilih diantara pilihan berikut ini :
a. Sesuai dengan tema RIP UMTAS atau Visi-Misi UMTAS.
b. Sesuai dengan bidang / kajian keilmuan peneliti
2. Ada proses review oleh tim reviewer
Tim Reviewer adalah tim yang ditunjuk oleh LPPM yang dianggap memiliki kemampuan dalam menilai sebuah rancangan penelitian dan diambil dari dosen tetap UMTAS. T
3.Time Schedule (Pedoman Waktu) Penelitian
Penelitian individu dilaksanakan berdasarkan pedoman waktu sebagai berikut :

Kegiatan Bulan
Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sept Okt Nov
Pengumpulan Proposal Term I 31
Laporan Penelitian 15
Pengumpulan Proposal Term II 15
Laporan Penelitian 15
Keterangan : angka dalam tabel menunjukkan tanggal maksimal kegiatan

4. Jangka Waktu dan Jumlah Dana
Penelitian individual dapat dilaksanakan maksimum selama 3 (tiga) bulan dengan tetap mengacu pada Time Schedule (pedoman waktu) penelitian sebagaimana termaksud dalam point 3 petunjuk umum Panduan Penalitian UMTAS ini. Dana yang disediakan untuk program ini adalah sebesar Rp1.000.000 – 3.000.000- untuk masing-masing proposal.
D. TATA CARA USUL PENELITIAN
Usulan penelitian sebanyak 2 (dua) eksemplar hard copy diserahkan kepada LPPM UMTAS.
Usul penelitian harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1. Usulan diketik dengan huruf Times New Roman Font 12, spasi 1,5. Ukuran kertas A4.
2. Dijilid tanpa lakban dengan warna cover Biru.
3. Penataan Judul penelitian melihat contoh cover.
4. Nama pengusul, tercantum dibawah logo UMTAS. Contoh cover terlampir.
5. Halaman pengesahan harus ditanda-tangani Dekan.
6. Contoh halaman pengesahan dan identitas peneliti terlampir (lengkap).

E. FORMAT USULAN PENELITIAN INDIVIDUAL
1. Format Usulan Penelitian
Sampul muka (warna biru)

USUL PENELITIAN INDIVIDU
JUDUL PENELITIAN
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

PENGUSUL :
Nama lengkap dengan gelar
NIP/NIK/NIDN

Fakultas
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
Bulan dan Tahun
2. Halaman Pengesahan
Contoh Halaman Pengesahan
1. Judul Penelitian : …………………………………………….
2. Peneliti
a. Nama Lengkap : …………………………………………….
b. Jenis Kelamin : …………………………………………….
c. Golongan/Pangkat/NIP : …………………………………………….
d. Jabatan Fungsional : …………………………………………….
e. Jabatan Struktural : …………………………………………….
f. Bagian : …………………………………………….
3. Lokasi Penelitian : …………………………………………….
4. Lama Penelitian : …………………………………………….
5. Biaya yang Diperlukan : Rp.

Tasikmalaya, ……………… 2015
Menyetujui
Plt Kepala LPPM Ketua Peneliti

tanda tangan tanda tangan

Hendi Rohaendi, S.Kep. Ners. M.Kep (Nama Jelas)……………
NIDN 0429107401 NIP/NIK/NIDN……………
3. Sistematika Usul Penelitian
Isi proposal penelitian mengacu pada sistematika usul penelitian sebagai berikut:
JUDUL
Singkat dan jelas menggambarkan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan.
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
BAB I. PENDAHULUAN
Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Jelaskan juga temuan/inovasi apa yang akan ditargetkan dalam rangka menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEKS
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
Kemukakan hasil-hasil penelitian terdahulu yang mendukung, serta teori-teori yang relevan sebagai dasar pentingnya dilakukan penelitian sesuai judul yang diusulkan. Tinjauan pustaka sebaiknya mengacu pustaka primer (asli), serta disarankan untuk menggunakan pustaka terbaru dan hasil penelitian terdahulu yang termuat dalam jurnal ilmiah.
BAB III. METODE PENELITIAN
Diuraikan secara lengkap dan sistematis metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan penelitian. Uraian metode penelitian meliputi (1) waktu dan lokasi penelitian, (2) materi penelitian, (3) rancangan penelitian (eksperimen atau survei), (4) variabel yang diamati, (5) cara pengambilan sampel, data dan instrumen yang akan digunakan, (6) analisis data. Bagi penelitian dengan metode kualitatif, dapat dijelaskan pula pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis data serta penyimpulan hasil penelitian.
BAB IV. JADWAL PELAKSANAAN
Dicantumkan jadwal kegiatan penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian serta rencana publikasi, disusun dalam bentuk bar-chart.Jadwal penelitian dibuat secara rinci meliputi alokasi waktu (dalam minggu atau bulan) pada tiap tahap kegiatan sesuai dengan rencana. Perlu diperhatikan bahwa lama penelitian harus mengacu pada waktu yang telah ditetapkan dalam Time Schedule (Pedoman Waktu) Penelitian UMTAS tahun 2015.

DAFTAR PUSTAKA
Semua pustaka yang disitasi (dikutip) dalam teks usul penelitian harus tercantum dalam daftar pustaka dan ditulis nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal atau nama penerbit dan kota penerbitan. Susunan nama-nama penulis pustaka yang disitasi, mengikuti huruf abjad dan ditulis satu spasi.
Daftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usul penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.
Contoh:
Buku:
Creswell, J.W. (2008). Educational research: Planning, conductiong, and evaluating quantitative and qualitative research (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ:Pearson Education, Inc.
Bab-Buku:
Markus, H.R., Kitayama, S., & Heiman, R.J. (2006).Culture and basic psychological principles. Dalam E.T.Higgins & A.W. Kruglanski (Eds.), Social psychology:Handbook of basic principles. New York: The GuilfordPress.
Dokumen Online:
Van Wagner, K. (2006). Guide to APA format. About Psychology.Accessed on November 16, 2006 fromhttp://psychology.about.com/od/ apastyle/guide.
Artikel Jurnal:
Wassman, J., & Dasen, P.R. (2008).Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthropological Institute,4, 689-731.
Jurnal Online:
Jenet, B.L. (2006). A meta-analysis on online social behavior.Journal of Internet Psychology.Accessedon November 16, 2006 from http://www.Journal-of-internet-psychology.com/archives/volume4/3924.html.
Artikel dari Database:
Henriques, J.B., & Davidson, R.J. (2001) Left frontal hypoactivation in depression. Journal of AbnormalPsychology, 100, 535-545. Diambil 16 November 2006dari PsychINFO database.
Forum Online, Daftar Diskusi, atau Kelompok Berita:
Leptkin, J.L. (2006, November 16). Study tips for psychology students [Msg. 11]. Message were rely onhttp://groups.psychelp.com/forums/messages/48382.html.
Majalah:
Santamaria, J.O. (September 2001). How the 21st century will impact on human resource development (HRD) professionals and practitioners in organizations.Paper was presented on International Conference onEducation, Bandung, Indonesia.
Tesis, Desertasi:
Santoso, G.A. (2003). Faktor-faktor sosial-psikologis yang berpengaruh terhadap tindakan orang-tua untuk melanjutkan pendidikan anak ke sekolah lanjutan tingkat pertama (Studi lapangan di pedesaan Jawa Barat dengan analisis model persamaan struktural). Disertasi doktoral, Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.
Laporan Penelitian:
Villegas, M., & Tinsley, J. (2003).Does education play a role in body image dissatisfaction?LaporanPenelitian, Buena Vista University.
Pusat PenelitianKesehatan Universitas Indonesia.(2006). Survei nasional penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada kelompok rumah tangga di Indonesia, 2005.Depok: Pusat Penelitian UI dan Badan Narkotika Nasional.
Ensiklopedi, Kamus:
Sadie, S. (Ed.). (2000). The new Grove dictionary of music and musicians (6th ed., Vols. 1-20). London:Macmillan.
REKAPITULASI ANGGARAN PENELITIAN
LAMPIRAN
Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian
Justifikasi anggaran biaya disusun secara terperinci dan jelas. Anggaran biaya yang diajukan maksimum Rp. 3.000.000/judul, dengan komponen sebagai berikut :

No. Komponen
1. Bahan habis pakai dan peralatan (ATK, konsumsi, Alat/Modul, dll)
2. Perjalanan (transportasi)
3. Lain-lain (pengumpulan data, skoring, pelaporan, lainnya sebutkan)

Catatan : Komponen anggaran dapat dikoordinasikan dengan bagian keuangan
Lampiran 2. Biodata Peneliti dan Mahasiswa
Contoh Biodata Peneliti
BIODATA

I. Identitas Diri
1. Nama Lengkap (dengan gelar) :
2. Jabatan Fungsional :
3. NIP/NIK/NIDN :
4. Tempat dan Tanggal Lahir :
5. Alamat Rumah :
6. Telp. / Fax. :
7. Nomor HP :
8. Alamat Kantor :
9. Telp. / Fax. :
10. Email :
11. Bagian :

II. Riwayat Pendidikan
Program S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi
Bidang Ilmu
Tahun Masuk
Tahun Lulus
Judul Skripsi / Tesis / Disertasi

III. Pengalaman Penelitian (5 tahun terakhir)
No. Tahun Judul Penelitian Ketua/Anggota Sumber Dana, Jumlah (Rp)
IV. Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat (5 tahun terakhir)
No. Tahun Judul Pengabdian Ketua/Anggota Sumber Dana, Jumlah (Rp)

V. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal (5 tahun terakhir)
No. Tahun Judul Artikel Penulis Utama/ Anggota Nama Jurnal, Vol., No. Terakreditasi/ Belum Terakreditasi

VI. Pengalaman Penulisan Buku (5 tahun terakhir)
No. Tahun Judul Buku Penulis Utama/ Anggota Penerbit Jumlah halaman
Biodata sebagai salah satu syarat dalam pengajuan usul penelitian individu UMTAS Tahun 2015 dan apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian, saya sanggup menerima sanksinya.

Tasikmalaya, …………………… 2015
Pengusul,

Tanda tangan

(Nama Lengkap)
NIP/NIK/NIDN

Contoh Biodata Mahasiswa
No. Nama NIM Peminatan Bagian Tanda Tangan
1.
2.

LAPORAN PENELITIAN
HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PENELITIAN INDIVIDU
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
1. a. Judul Penelitian : …………………………………………….
b. Bidang Ilmu : …………………………………………….
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap : …………………………………………….
b. Jenis Kelamin : …………………………………………….
c. Golongan/Pangkat/NIP : …………………………………………….
d. Jabatan Fungsional : …………………………………………….
e. Jabatan Struktural : …………………………………………….
f. Bagian : …………………………………………….
g. Alamat : …………………………………………….
3. Jumlah Anggota Peneliti : …. orang
Nama Anggota : 1. ………………………………………….
2. …………………………………… dst
4. Lokasi Penelitian : …………………………………………….
5. Lama Penelitian : …………………………………………….
6. Biaya : Rp. 3.000.000,-

Tasikmalaya, ……………… 2015

Menyetujui
Plt Kepala LPPM Ketua Peneliti

tanda tangan tanda tangan

Hendi Rohaendi, S.Kep. Ners. M.Kep (Nama Jelas)……………
NIDN 0429107401 NIP……………………….

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN
HALAMAN PENGESAHAN ………….……………………………i
ABSTRAK …………………………………………………….ii
DAFTAR ISI …………………………………………………..iii
DAFTAR LAMPIRAN* ……………………………………….iv
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………..1
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ………………………………dst
BAB III TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN …………
BAB IV METODE PENELITIAN ……………………………
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN ………………………
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN………………………
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………
LAMPIRAN ……………………………………….……………..
Termasuk instrumen penelitian (skala), panduan wawancara (untuk metode kualitatif), hasil analisis data, personalia tenaga peneliti beserta kualifikasinya,foto saat penelitian berlangsung,surat ijin penelitian, dll.

Dikumpulkan dalam bentuk Hard dan Soft Copy.