Pendidikan Guru PAUD

Home / Program Studi / Pendidikan Guru PAUD

Deskripsi Program Studi

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Mempunyai Visi :” menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang Pendidikan Guru PAUD Islami di Provinsi Jawa Barat pada Tahun 2030 untuk menghasilkan SDM PAUD sebagai tenaga pendidik berkualitas dan professional melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat mendukung pembangunan SDM yang berdaya saing”.

Kemampuan Lulusan

Lulusan Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang kompeten yang memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mampu Mengenal peserta didik secara mendalam meliputi: perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosional, dan sosial;
  2. Mampu untuk mengetahui perkembangan anak meliputi fisik dan psikologis
  3. Mampu merancang dan menyelenggarakan permainan yang memicu perkembangan peserta didik
  4. Mampu menyelenggarakan pendidikan anak usia dini inklusif, yang meliputi: (a) inklusivitas dalam bidang budaya keislaman; dan (b) inklusivitas dalam bidang kecakapan fisik dan psikologis.
  5. Mampu menyelenggarakan pendidikan anak usia dini pada pendidikan formal, nonformal, dan informal.
  6. Mampu dan memiliki kebiasaan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan yang meliputi: (a) mampu melakukan refleksi terhadap kinerjanya dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik; (b) mampu berbagi pengalaman dengan sesama pendidik PAUD, baik secara informal maupun melalui berbagai acara temu karya; dan (c) mampu memperluas wawasan melalui penjelajahan berbagai sumber informasi yang relevan termasuk dengan menggunakan TIK.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan kegiatan bermain sambil belaja dan Mampu melakukan penelitian tindakan kelas

Prospek Pekerjaan

Lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan adalah guru PAUD baik pada sekolah negeri maupun swasta, guru pendidikan luar sekolah, sekolah alam, home schooling, pendidikan luar biasa, Taman Penitipa Anak (TPA)/ day care,Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) TK, Routhotul Atfhal, Asosiasi Pendidikan Balita, Lembaga Pendidikan Khusus (Purposif), penilik sekolah dan pengembang pendidikan PAUD baik di instansi pemerintah maupun swasta.