Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Home / Program Studi / Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Deskripsi Program Studi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG-SD) Mempunyai Visi :” menjadi program studi unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing di Jawa Barat dan Nasional dengan keunggulan dalam IPTEKS dan berkarakter professional serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Dengan menawarkan Keunggulan lain, yaitu :

  1. Mencetak guru SD yang unggul dalam: (1) pemahaman peserta didik dan pembelajaran SD; (2) penguasaan bidang studi dalam mata pelajaran SD meliputi PKn, IPS, IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia; (3) mampu mengembangkan dan menghargai berbagai budaya lokal khususnya Budaya Sunda; dan (4) mampu mengembangkan profesi sebagai guru SD berdasarkan keilmuan dan moralitas sesuai pendidikan karakter bangsa Indonesia dan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.
  2. Keunggulan lain dari program studi ini adalah disediakan matakuliah pilihan yang memungkinkan setiap mahasiswa mengembangkan kompetensi keilmuan sesuai pada mutu minimal yang ditetapkan BAN-PT.
  3. Praktik-praktik mengajar yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar sebelum mereka terjun langsung ke lembaga pendidikan sekolah dasar yang sesungguhnya. Semakin banyak praktik dalam mengajar, maka semakin akan terbiasa dan terasah kemampuannya dalam mengajar.

Kemampuan Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG-SD) diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Bertaqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengaktuasisasikan perikemanusian dan kebangsaan.
  2. Kemampuan untuk mengenal peserta didik secara mendalam yang berprinsip bahwa setiap peserta didik merupakan deferences individual dan memberikan perlakuan sesuai kemampuan dari setiap peserta didik.
  3. Mampu menguasai bidang studi meliputi PKn, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Indonesia serta tambahan Muatan Lokal dan Bahasa Inggris, meliputi aspek: (1) substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge) dan (2) pengembangan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurilum SD (pendagogical content knowledge).
  4. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik meliputi dalam merancang, melaksanakan, menilai pembelajaran yang mendidik yang mengacu pada pencapaian tujuan untuh pendidikan.
  5. Mampu mengembangkan kemampuan professional secara mendalam dalam menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis dan ilmiah.

Prospek Pekerjaan

selain menjadi Guru Kelas di Sekolah Dasar atau sederajat baik pada sekolah dasar negeri maupun swasta ataupun dalam bentuk Madrasah Ibtidaíyah, lulusan dapat mengembangkan diri pada bidang-bidang berikut: Praktisi Pendidikan, Konsultan Pendidikan, dan lainnya.