Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Home / Program Studi / Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Deskripsi Program Studi

Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik ( Sendratasik) Mempunyai Visi :” Menyelenggarakan Program Studi S1 Pendidikan Sendratasik yang unggul dalam seni drama, tari dan musik yang islami dengan memanfaatkan kebudayaan lokal sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional”. Dengan menawarkan Keunggulan lain, yaitu :

  1. Menyelenggarakan kependidikan dan keguruan dalam bidang keseniaan dan kebudayaan berbasis lokal Tasikmalaya-Jawa Barat dengan ditambah nilai-nilai keislaman sesuai dengan keilmuan yang menjadi madat Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
  2. Tersedianya SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor baik dosen tetap maupun dosen tidak tetap dari lulusan Perguruan Tinggi ternama.
  3. Program studi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 yang disesuaikan juga dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat. Program studi ini akan selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran dalam Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik terkini.
  4. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru kesenian yang profesional dan menjadi praktisi kesenian dan kebudayaan di berbagai institusi.

Kemampuan Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik ( Sendratasik) diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mampu untuk menjadi tenaga pendidik profesional dalam bidang kesenian yang beriman, bertakwa, mandiri, yang memiliki: (1) sikap nasionalis, profesional, tenggang rasa yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengapresiasi seni drama, tari dan musik, dan berperilaku etis sesuai dengan nilai-nilai keislaman.
  2. Memiliki kemampuan mengidentifikasi permasalahan dalam pendidikan sendratasik, menguasai berbagai macam pendekatan Sendratasik, menganalisis berbagai macam fenomena kesenian, dan memberikan kontribusi pikiran kepada perkembangan Sendratasik.
  3. Kemampuan mengapresiasi karya Sendratasik, melakukan kajian ilmiah dalam pendidikan Sendratasik, memahami teknik presentasi dan perspektif pendidikan Sendratasik.
  4. Kemampuan mengeksplorasi kreativitas, eksperimen kreatif, dan mewujudkan karya kreatif dibidang pendidikan Sendratasik.
  5. Dan memiliki tanggung jawab keilmuan di bidang kependidikan, Sendratasik dan perspektif sosial budaya, keterbukaan terhadap perkembangan sosial budaya.

Prospek Pekerjaan

selain menjadi Guru kesenian pada semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, lulusan dapat juga menjadi analis/teknisi pada Manajer Seni Pertunjukan dan Penata Seni Pertunjukan, Praktisi Pendidikan, Konsultan Pendidikan, Pelatih Kursus seni musik, drama, vokal, dan tari, serta profesi relevan lainnya.